Tutorial Cara Melakukan Upgrade Smartphone Xiaomi ke MIUI 7 Beta

In XIAOMI 38 views
Kamu mungkin sudah tahu apabila mulai hari Senin, 24 Agustus lalu, Xiaomi secara resmi telah meluncurkan MIUI 7 versi beta secara global. Bagi kamu yang tidak sabar untuk mencoba versi tersebut bisa melakukan flashing untuk menggunakan ROM MIUI 7 Global Beta. Akan tetapi bagi kamu yang masih bingung dan ragu bagaimana cara melakukannya, berikut adalah tutorial bagaimana cara memakai ROM tersebut.

Sebelum memulai ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan. Pertama, saya telah mencoba metode ini pada smartphone Xiaomi Mi 4i yang sedang saya gunakan. Hal kedua adalah kamu perlu mengunduh dan mempersiapkan beberapa software berikut:
  • MiPhone Manager hanya untuk sistem operasi Windows
  • Masuk ke situs ini dan unduh ROM sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi kamu

Ukuran file dari ROM tersebut sekitar 1 GB. Apabila saat mengunduh file tersebut kecepatannya sangat lambat, kamu bisa mengakalinya dengan mengubah alamat tautan unduhan tersebut dari “http://bigota.d.miui.com”menjadi “http://obigota.d.miui.com”.
  • Proses Flashing

Setelah kamu mempersiapkan software yang dibutuhkan, langkah penting selanjutnya adalah melakukan backup terhadap smartphone Xiaomi kamu menggunakan software MiPhone Manager, karena semua data smartphone kamu akan dihapus pada saat proses flashing.
Pada dasarnya kamu bisa saja langsung melakukan flashing menggunakan software MiPhone Manager tanpa perlu mengunduh ROM secara terpisah. Akan tetapi langkah tersebut akan memakan waktu yang lama karena MiPhone Manager perlu mengunduh ROM terlebih dahulu sebelum bisa melakukan flashing.
Supaya tidak terlalu lama, kamu bisa mengakali dengan mengunduh ROM terlebih dahulu. Kemudian menyimpan file tersebut di folder tempat MiPhone Manager akan menyimpan ROM yang telah diunduh. Berikut adalah caranya:
  1. Buka Windows Explorer kemudian cari file ROM yang telah kamu unduh tadi, lalu lakukan ekstrak file dan copy folder hasil ekstrak dari file ROM tersebut.
  2. Masuk ke folder MiPhoneManager yang bisa dengan mudah kamu temukan dalam folder Xiaomi pada direktori local disk C.
  3. Setelah masuk ke folder MiPhoneManager, masuk lagi ke folder Download. Di dalam folder tersebut apabila kamu tidak menemukan folder dengan nama Rom, silahkan buat folder baru dengan nama tersebut.
  4. Masuk ke folder Rom tersebut dan paste folder ROM yang telah kamu copy tadi.

Langkah berikutnya adalah melakukan flashing.

  1. Pastikan kamu telah melakukan backup.
  2. Matikan smartphone kamu dengan menekan tombol power selama beberapa detik.
  3. Setelah smartphone kamu benar-benar dalam keadaan mati. Masuk ke dalam mode FastBoot dengan menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan hingga muncul tampilan mode FastBoot.
  4. Setelah masuk ke mode Fastboot, hubungkan smartphone dengan komputer kamu menggunakan kabel USB.
  5. Buka software MiPhone Manager tadi. Secara otomatis MiPhone Manager akan mendeteksi smartphone Xiaomi kamu dan menawarkan pilihan flashing untuk memasang ROM versi Stable atau Beta.
  6. Pilih opsi Beta karena kamu akan memasang ROM MIUI 7 Global Beta. Setelahnya, secara otomatis MiPhone Manager akan melakukan flashing ROM tersebut ke smartphone kamu.
Proses flashing akan berjalan kurang lebih selama 20 menit. Setelah proses ini selesai, tampilan smartphone kamu akan menjadi seperti pertama kali kamu menggunakannya. Tentu saja kamu harus melakukan konfigurasi awal smartphone kamu seperti Bahasa yang digunakan, pengaturan akun Google, dan lainnya.
  • Kesan menggunakan MIUI 7 pada Xiaomi Mi 4i

“Mantaaaap!” kata pertama yang mungkin juga akan kamu ucapkan pertama kali melihat tampilan MIUI 7. Smartphone terasa terlahir kembali dan beberapa ikon aplikasi mengalami perubahan. Bila setelahnya smartphone tiba-tiba terasa agak melambat, hal ini kemungkinan ada banyak aplikasi yang sedang mendapat pembaruan.
Setelah semua aplikasi selesai diperbarui. Barulah saya merasakan peningkatkan performa pada MIUI 7. Hal ini sangat terasa ketika membuka dan menutup aplikasi. Sekarang setiap membuka aplikasi akan berasal dari bawah menuju ke atas dan begitu juga sebaliknya saat menutup sebuah aplikasi.
Perbedaan mencolok lain juga terlihat pada bagian notification bar yang kini dilengkapi dengan latar belakang putih untuk menandakan ikon yang sedang aktif. Pembaruan ini sangat penting karena pada MIUI 6 sangat sulit untuk membedakan apakah ikon pada Notification bar sedang aktif atau tidak.
Kamu kini juga bisa memblokir langsung notifikasi-notifikasi yang tidak kamu inginkan langsung dari notification bar. Hal ini tentunya membuat kamu tidak akan terganggu lagi saat melakukan sejumlah aktivitas seperti bermain game atau menonton video.
Sejauh ini tidak ada masalah yang timbul saat menggunakan MIUI 7. Untuk daya tahan baterai juga tidak beda jauh dengan MIUI 6. Sekali lagi apabila kamu tidak sabar untuk mencoba MIUI 7, tidak ada salahnya untuk mencoba ROM MIUI 7 Global Beta.

Tags: #Modding #Root #Tutorial #Xiaomi

Download Pes 2018 Android Release APK terbaru
Download Pes 2018 Android Release APK terbaru
Download FTS Mod PES 2018 APK +
Summertime Saga 0.14.1 APK RELEASE [NEW UPDATE] Terbaru!!
Summertime Saga 0.14.1 APK RELEASE [NEW UPDATE] Terbaru!!
Summertime Saga APK v0.14.1 Terbaru– Rumah Android
4 Langkah Cara Menghapus Kontak Ganda di Android Terbaru
4 Langkah Cara Menghapus Kontak Ganda di Android Terbaru
4 Langkah Cara Menghapus Kontak Ganda di
Must read×

Top
error: Content is protected !!